Pages

Jumat, 30 Maret 2012

TELEVISI PENDIDIKAN INDONESIA (TPI) DALAM TINJAUAN ORGANISASI BELAJAR

Oleh : Eko Wahyu Wibowo, Erma Yulia, Heri Triyono


Pendahuluan

Pesatnya pertumbuhan televisi di Indonesia yang menyuguhkan berbagai tayangan di layar kaca khalayak pemirsa, ternyata juga menumbuhkan sejumlah persoalan. Berbagai analisa dampak siaran televisi menunjukkan adanya permasalahan yang cukup rumit. Tontonan kekerasan dan seksualitas di televisi  dikritik oleh berbagai pihak karena dianggap menjadi penyebab berbagai kemerosotan moral dan kemanusiaan. Perilaku kekerasan, hedonis dan konsumtif semakin berkembang, menjadi cermin pergeseran nilai di tengah-tengah masyarakat kita, dimana televisi mempunyai peran signifikan.

Televisi adalah media yang potensial tidak saja untuk menyampaikan informasi tetapi juga membangun dan membentuk karakter serta perilaku seseorang, baik ke arah positif maupun negatif, disengaja ataupun tidak. Efek yang ditimbulkan media televisi, sudah tentu diharapkan memberikan nilai heuristik dalam kehidupan manusia. Meskipun kita menyadari, tidak bisa menghilangkan efek negatif atau buruk sebagai konsekuensi ketaksaan (ambiguitas) peran dari TV. Akhir-akhir ini, yang menjadi sorotan adalah efek negatif dari televisi. Secara fakta ini dikarenakan sebagian besar pelaku industri televisi cenderung menerapkan jalan pintas untuk mengeruk keuntungan.  Sedangkan efek positif masih jauh dari harapan dan perlu kerja keras serta kesadaran berpartisipasi kita selaku manusia baik secara individual ataupun sosial (masyarakat) untuk merealisasikannya.



TV dapat menjadi media pendidikan, media hiburan dan informasi. TV sangat mungkin bisa membawa pesan pendidikan (pembelajaran) sesuai sasaran yang telah di tetapkan selain mampu menyajikan dan  memberikan penekanan kepada pesan-pesan yang diinginkan agar lebih mudah dicerna oleh sasaran.

Sejarah Televisi Pendidikan Indonesia

Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) berdiri sejak tanggal  23  Januari  1991,  sebagai stasiun  komersial  ketiga  yang diizinkan  beroperasi. Uniknya,  dengan  alasan  sudah  ada  dua  siaran  televisi  swasta  bersifat umum,  stasiun ketiga  ini  diberikan  sifat  khusus  yakni  hanya  diizinkan  memfokuskan  diri  pada pendidikan seperti  terefleksi pada namanya, Televisi Pendidikan  Indonesia. Jauh  lebih unik  lagi,  sejak  awal  TPI  seakan  ditempelkan  pada  TVRI  dengan meminjam  fasilitas produksi dan penyiaran TVRI pada pagi hari. Seakan-akan TPI ini adalah TVRI "swasta" pada pagi hari. Barulah pada sore dan malam hari TPI menggunakan fasilitas penyiaran mereka sendiri yang mula-mula masih terbatas. (Hidayat, dkk., 2000:178)

Pada prakteknya,  terlepas dari beberapa materi pendidikan formal, bagian terbesar isi TPI adalah pendidikan di  luar  sekolah  dan  pendidikan  informal,  seperti  berita  dan  informasi,  olah  raga, program-program hiburan, musik, kuis,  film seri, dan drama. Jadi batasan  "pendidikan" di sini sungguh-sungguh ditarik seluas mungkin, yakni bahwa "pendidikan  'berlangsung di dalam dan sepanjang hidup manusia". (Hidayat, dkk., 2000:179)

Jumlah  produksi  lokal  TPI  sangatlah  menyolok.  Yang  paling  penting  dicatat, jumlah program pendidikan TPI makin lama makin menurun dan pelan-pelan diambil alih oleh  program-program  hiburan.  Pada  saat  yang  sama,  kritik  terhadap  kenyataan  ini tumbuh  dahsyat  di  kalangan masyarakat  (Kuswandi,  1996:  46).  Selain  alasan  bahwa pendidikan  berlangsung  dalam  arti  dan  arena  yang  begitu  luas  tadi,  TPI  juga menyodorkan  alasan  bahwa  mereka  tidak  mungkin  hidup  jika  hanya  berisi  program pendidikan  (formal).  Akhirnya mungkin  juga  sebagai  sebuah  bentuk  kompromi TPI berusaha  memposisikan  dirinya  sebagai  "televisi  keluarga",  sedangkan  embel-embel "pendidikan"  hanya diperlukan  kalau  kita  membicarkan  izin  operasional yang dikekarkan oleh pemerintah untuk TPI. (Hidayat, dkk., 2000:179)

Dalam perkembangannya ternyata Sejak tanggal 20 Oktober 2010, TPI berubah menjadi MNCTV yang digawangi oleh Hary Tanoesoedibjo selaku CEO MNC Group, yang menandakan berakhirnya era pertelevisian pendidikan di Indonesia. Walaupun secara hukum, namanya masih menggunakan TPI.

Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) dan Organisasi Belajar


TPI dikaitkan dengan organisasi pembelajar, maka seharusnya konsep organisasi belajar muncul dalam konteks perubahan lingkungan dan daya saing, dimana organisasi membutuhkan kompetensi dan kepemimpinan untuk mentransformasi pengetahuan kepada seluruh anggota organisasi. Dengan dukungan lingkungan organisasi belajar yang kondusif diharapkan dapat menciptakan orang-orang yang berpengetahuan (knowledge pople) dengan kompetensi yang dapat diandalkan. Selain itu dukungan kepemimpinan yang memberdayakan (empowerement), artinya memberikan pendelegasian dan dukungan positif kepada setiap anggota organisasi dalam aktivitas pembelajaran dan memperbaiki kinerja.

Peter Senge (1996) dalam Yusufhadi Miarso (2002), mengemukakan definisi organisasi belajar sebagai suatu disiplin untuk mengembangkan potensi kapabilitas individu dalam organisasi yang dikenal dengan The Fifth Dicipline sebagai berikut:

1)   Berpikir Sistem (Systems Thinking)

Organisasi harus mampu melihat pola perubahan secara keseluruhan, dengan cara berpikir bahwa segala usaha manusia saling berkaitan, saling mempengaruhi dan membentuk sinergi.

2)   Penguasaan Pribadi (Personal Mastery)

Penguasaan pribadi ini merupakan suatu disiplin yang antara lain menunjukan kemampuan untuk senantiasa mengklarifikasi dan mendalami visi pribadi, memfokuskan energi, mengembangkan kesabaran, dan memandang realitas secara obyektif. Kenyataan menunjukkan bahwa seseorang memasuki suatu organisasi dengan penuh semangat, tetapi setelah merasa “mapan” dalam organisasi itu lalu kehilangan semangatnya.

3)    Pola Mental (Mental Models)

Setiap perlu berpikir secara reflektif dan senantiasa memperbaiki gambaran internalnya mengenai dunia sekitarnya, dan atas dasar itu bertindak dan mengambil keputusan yang sesuai.

4)   Visi Bersama (Shared Vision)

Visi bersama adalah komitmen dan tekad dari semua orang dalam organisasi, bukan sekedar kepatuhan terhadap pimpinan.

5)    Belajar Beregu (Team Learning)

Belajar beregu diawali dengan dialog yang memungkinkan regu itu menemukan jati dirinya. Dengan dialog ini berlangsung kegiatan belajar untuk memahami pola interaksi dan peran masing-masing anggota dalam regu. Belajar beregu merupakan unsur penting, karena – regu bukan perorangan – merupakan unit belajar utama dalam organisasi.

TPI sejatinya sebagai sebuah organisasi, tak hanya organisasi media saja tentunya, tapi juga harus terus berusaha mewujudkan visi dan misinya. Selain itu pemilihan slogan (Makin Indonesia, makin asyik aja) sebagai sepotong kalimat yang dijadikan sebagai “merk” organisasi tersebut juga seharusnya benar-benar direalisasikan, mengingat slogan merupakan kalimat yang paling diingat oleh masyarakat sebagai identitas keberadaan sebuah organisasi, sekaligus sebagai “merk” dari organisasi tersebut.

Visi dari TPI yaitu “paling Indonesia pilihan pemirsa”, jika melihat secara keseluruhan acara yang ditayangkan oleh TPI memang didominasi oleh acara buatan anak negeri, terutama dilihat pada program Sinema Asyik dan Sinetron Asyik-nya. Sejalan dengan riset yang dilakukan oleh AGB Nielsen untuk tahun 2007 lalu TPI memang menyajikan program berseri dan film berbau lokal lebih banyak dibandingkan genre program lainnya. Ditemukan bahwa ada 1.880 tayangan berseri lokal dan 1.446 film lokal yang diputar TPI. Bahkan perbandingan antara program lokal dan non lokal untuk di tahun 2007 kemarin mencapai angka 86:14 dan sebelumnya di tahun 2006 berada di angka 90:10. Namun sayangnya program TPI disini tetap saja seperti program TV swasta umumnya yaitu adanya kecenderungan Jakarta centered dimana budaya, kehidupan sehari-hari, penggunaan bahasa, cara berpakaian, sangatlah Jakarta sekali. Padahal seharusnya jika TPI memang memutuskan visinya sebagai stasiun TV yang paling Indonesia mereka bisa menggambarkan Indonesia dari Sabang hingga Merauke dalam program-program acaranya.

TPI juga berhasil mendapatkan hati anak-anak berumur 5-9 tahun di tahun 2007 lalu. Ada sekitar 93.000 anak di 10 kota besar di Indonesia yang memilih tayangan di TPI sebagai tontonannya sehari-hari. Meski anehnya dari keseluruhan program tayangan anak-anak TPI di tahun 2007 secara total merupakan tayangan non lokal. Disebutkan oleh AGB Nielsen ada sekitar 713 jam acara anak-anak non lokal yang diputar dari keseluruhan jam tayang TPI selama setahun.

Selama ini industri TV dianggap sebagai sebuah lingkaran setan antara 3 aspek, yaitu rating, pemodal iklan dan produser program. Ketika sebuah acara diproduksi sebisa mungkin ia disiapkan untuk mendapatkan rating yang tinggi, agar para pemodal iklan akan banyak yang memasang iklan saat acara tersebut ditayangkan. Hal ini tentu saja akan membawa banyak keuntungan bagi si produser. Karena nafsu produser akan keuntungan yang besar tersebutlah mereka akan berlomba-lomba menciptakan acara yang bisa meraih rating tinggi sehingga kualitas acaralah yang pada akhirnya dikorbankan. Mereka lebih semangat menciptakan acara yang bisa memperbesar pundi uangnya daripada menciptakan acara yang bermanfaat untuk masyarakat.

Lingkaran setan ini merupakan perwujudan dari sistem penyiaran komersial yang tertarik pada segmen pemirsa tertentu ketimbang keseluruhan pemirsa secara nasional, memasang acara-acaranya untuk memikat dan merangkul pemirsa sasarannya (Labib, 2002:32). Sejalan dengan yang diutarakan oleh Kitley (2000:81) dalam Labib (2002:32), Tujuan penyelenggaraan siaran adalah mengantarkan pemirsa  (yang tersegmentasi secara demografis dan psikografis) yang bisa diprediksi untuk pengiklan, sumber utama pendanaan bagi penyiaran komersial. Penyelenggara sistem komersial membangun pemirsa sebagai pasar dan penonton. Mengingat tujuan utama penyelenggara siaran komersial adalah mengantarkan penonton kepada para pengiklan agar mereka bsa memikat perhatian pemirsa serta memuaskan tujuan ekonomis mereka.

Usaha TPI di dalam mewujudkan misinya yang ingin menyajikan tayangan bercitarasa Indonesia yang inspiratif untuk memajukan masyarakat. Sesuatu yang bersifat ataupun bercitarasa Indonesia seharusnya memang benar-benar bisa membawa Indonesia ke dalam layar kaca untuk kemudian disaksikan oleh masyarakat Indonesia. Namun sekali lagi, hampir secara keseluruhan acara di TPI masih cenderung Jakarta centered. Mungkin hanya acara Lintas Jatim dan Jendela saja yang menyentuh daerah lain di Indonesia selain Jakarta.

Apakah acara di TPI memang sudah mampu menginspirasi pemirsanya dan memajukan masyarakat? Melihat dari jadwal acara kesehariannya, rata-rata TPI hanya berkisar pada acara berita dan sinetron asyik atau sinema asyiknya itu. Apalagi jika memperhatikan judul-judul sinetron atau sinema yang mereka katakan asyik itu sebenarnya sama sekali tidak bisa dikatakan inspiratif dan memajukan masyarakat. Tampaknya TPI perlu meredefinisi arti dari inspiratif dan memajukan masyarakat. Karena jika hal seperti itu dikatakan dapat menginspirasi dan memajukan masyarakat maka justru akan menjadi sesuatu yang sangat memprihatinkan dan membahayakan.

Sebagai stasiun TV yang mengklaim dirinya sebagai TV pendidikan di Indonesia, mereka seharusnya juga menyajikan tayangan-tayangan yang mendidik bagi anak-anak Indonesia. Namun yang mereka lakukan adalah menjejali pikiran anak-anak dengan acara berbudaya non Indonesia seperti kartun Malaysia Upin dan Ipin serta Bola Kampung yang tak mustahil dapat menggerus rasa cinta budaya Indonesia pada diri anak-anak tersebut. Belum lagi kartun Tom and Jerry yang sarat dengan kekerasan tersebut (merupakan salah satu tayangan anak-anak yang dianggap berbahaya oleh Yayasan Pengembangan Media Anak/YPMA). TPI juga dikenal sebagai salah satu stasiun TV yang masih suka menayangkan sinema Bollywood dari India. Jika sudah begini, manakah yang dikatakan oleh mereka “Makin Indonesia” itu?

Pernyataan dari TPI sendiri sebagai TV Pendidikan Indonesia rasanya masih perlu dipertanyakan. Masyarakat akan dapat belajar lebih banyak tentang segala hal dari berbagai acara yang berformat utama informasi atau berita, tentunya yang berkualitas. Namun untuk kedua genre tersebut di tahun 2007 hanya disediakan sekitar 1807 jam dan untuk tayangan bersifat hiburan seperti sinetron, film dan acara musik mendapatkan jatah selama 4927 jam. Berikut adalah perbandingan tayangan edukatif dan non edukatif yang ditayangkan oleh 9 TV swasta Indonesia.

EDUKATIF HIBURAN

TPI                              : 19% : 81%
RCTI                           : 15,6% : 84,4%
SCTV                          : 14,28% : 85,72%
ANTV                         : 12,24% : 87,76%
INDOSIAR                : 12,24% : 87,76%
Trans TV                     : 29,93% : 70,07%
Trans 7                        : 21% : 79%
Global TV                   : 2,72% : 97,28%
Lativi/TV ONE           : 5,44% : 94,56%

Sumber: Masduki & Muzayin Nazaruddin (2008)

Berbagai unsur tak layak konsumsi bagi masyarakat yang tentu saja tak mendidik juga masih kerap tampak di layar kaca TPI. Misalnya unsur seksualitas dalam tayangan Siapa Takut Jadi Janda atau di acara-acara musik TPI yang kental dengan nuansa musik Dangdutnya itu yang sering menampilkan goyangan tubuh yang tergolong tidak sopan, unsur mistis yang ternyata masih saja digemari oleh masyarakat Indonesia.

Penutup

Mungkin ada benarnya jika TPI dianggap gagal merepresentasikannya visi, misi dan slogannya dalam acara-acara mereka. TPI terlihat tidak konsisten dengan apa yang telah mereka susun sebagai acuan kinerja mereka, yaitu visi dan misi tersebut. Masih kurangnya citarasa Indonesia dalam tayangan-tayangannya, banyaknya hal-hal yang sama sekali tidak mendidik dan inspiratif  bagi masyarakat, lebih-lebih membahayakan bagi perkembangan masyarakat ke depannya nanti, bukannya memajukan masyarakat Indonesia.

Keseragaman konten antar media sebenarnya terjadi antar TV swasta Indonesia yang memang secara sadar saling mengintip dan menguntit program-program siaran rekannya. Fenomena ini begitu mengganggu sebagian masyarakat yang benar-benar menginginkan media berkualitas di Indonesia. Maka sebaiknya SDM di dalam organisasi-organisasi media tersebut segera berbenah diri, meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja mereka agar bisa menjadi pekerja media yang lebih kreatif dan inovatif lagi di dalam memproduksi program-program TV yang benar-benar mampu memuaskan keinginan khalayak. Hal ini jugalah yang sepatutnya dapat menuntut para pekerja media Indonesia untuk memproduksi tayangan TV yang budayanya tidak nanggung, low culture tidak tapi high culture pun tidak. Akan jauh lebih baik jika mereka memproduksi semua tayangan TV dengan standar high culture, yaitu produk tontonan yang menyajikan nilai-nilai dan norma-norma bernilai tinggi, memberikan wawasan, dan mendidik .

Jika boleh dibilang ‘gagal’, maka TPI benar-benar gagal karena tidak hanya gagal mempertahankan visi dan misi pendidikannya tetapi juga ‘terjual’ pada pihak lain yang kemudian merubah eksistensi dasarnya.

Referensi

Hidayat, Dedy N., Effendi Gazali, Harsono Suwardi, Ishadi S. K., 2000, Pers dalam Revolusi-Runtuhnya   Sebuah Hegemoni, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Krishandi, Ariena. 2009. TPI: Televisi “Paling Indonesia”. http://kumpulankata.wordpress.com/2009/02/08/tpi-televisi-%E2%80%9Cpaling-indonesia%E2%80%9D/ [26 Maret 2012]

Pusat Sumber Daya Komunitas, 2011. Televisi Komunitas: Media Pemberdayaan Masyarakat.  http://kombinasi.net/televisi-komunitas-media-pemberdayan-masyarakat/  [26 Maret 2012]

Senge, Peter M., 1996, Disiplin Kelima, Seni dan Praktek dari Organisasi Pembelajar, Bina rupa Aksara, Jakarta.

Wkipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/MNCTV [24 Maret 2012]

Yusuf, Adie E. 2008. Organisasi Belajar. http://teknologikinerja.wordpress.com/2008/05/06/organisasi-belajar/  [26 Maret 2012]

Zulkarnain, Iskandar. 2010. Media televisi dan Pembangunan Karakter Bangsa. http://inspirasitabloid.wordpress.com/2010/06/15/media-televisi-dan-pembangunan-karakter-bangsa/ [24 Maret 2012]

2 komentar:

  1. Bapak Ibu Guru dan Dosen, Kami Penyedia Perangkat Lab Multimedia & IT Sekolah serta Perguruan Tinggi, menawarkan kerjasama dengan Anda. Terutama Pemancar Radio, PEMANCAR TV, KAMERA dan STUDIO, Perlengkapan Multimedia dan Broadcast, serta Perlengkapan Audio Video dan IT lainnya. Untuk lengkapnya bisa Klik ke: http://nuavi.blogspot.com/ dan http://nuavi.wordpress.com/
    Kontak ke Diego S 081 330 786858 atau email : mustdiego@yahoo.com

    BalasHapus
  2. bisa sebutin daftar semua film2 barat yg pernah tayang di TPI? (contoh 'CROW')

    BalasHapus